Kamis, 30 Juni 2016

Program Penjumlahan dengan Fungsi

Hasil Akhri Program Pengurangan

Dibawah ini saya tuliskan tentang Program Penjumlahan dengan Fungsi. Selanjutnya nanti akan saya tulis  tentang Program Penjumlahan dengan Fungsi menggunakan Inputan Scanner dan juga akan saya tampilkan Program Penjumlahan dengan Fungsi menggunakan Inputan JOptionPane

Mengapa harus dengan Inputan Scanner dan Inputan JOptionPane ? Karena keduanya salah satu yang sering digunakan saat belajar tentang Java. Inputan Scanner yang umum sering digunakan. Namun JOptionPane juga sering digunakan saat mempelajari GUI.

Baiklah mari lihat koding dibawah ini :
  • Program Penjumlahan dengan Fungsi.
    package tambah;
    import Println.*;
    public class fungsi {
        public int angka1,angka2,hasil;
        public void setNilai(int a, int b){
            angka1=a;
            angka2=b;
        }
        public int getHasilPenjumlahan(){
            hasil=angka1+angka2;
            return hasil;
        }
        public void rincian(){
            System.out.println("Nilai Angka 1 =\t"+angka1);
            System.out.println("Nilai Angka 2 =\t"+angka2);
            System.out.println("Hasil Penjumlahan "+angka1 +" + "+angka2+" = "+hasil);
        }
        public static void main(String[] args) {
             fungsi cetak = new fungsi();
            cetak.setNilai(21, 69);
            cetak.getHasilPenjumlahan();
            cetak.rincian();
        }
    }
      Screenshoot koding diatas :
      Output :
      Penjelasan :
      Nomor/BarisPenjelasan
      1Tempat File ini tersimpan/package
      2Memanggil Library Println, tanpa ditulis pun program dapat berjalan
      3Nama file class berupa fungsi
      4Properti/mendeklarasikan variabel angka1, angka2 dan hasil
      5Fungsi yang bernama setNilai(). Fungsi ini terdapat parameter int a dan int b yang berfungsi sebagai inputan.
      6-7Deklarasi parameter
      8Tutup Kurung Kurawa Fungsi setNilai()
      9Fungsi yang bernama getHasilPenjumlahan()
      10Rumus Penjumlahan
      11Menyimpan nilai pada variabel hasil
      12Tutup Kurung Kurawa Fungsi getHasilPenjumlahan()
      13Fungsi rincian()
      14-16Menampilkan Teks dan isi nilai dari variabel
      17Tutup Kurung Kurawa Fungsi rincian()
      18Main/file main yang akan mengeksekusi program
      19Membuat objek fungsi (harus sama dengan nama class) dengan nama cetak
      20Memanggil objek cetak dan memanggil fungsi fungsi setNilai() yang terdapat parameter sebagai inputan. Mulanya (a,b) kemudian gantilah sesuai dengan nilai integer
      21Memanggil objek cetakdan memanggil fungsi getHasilPenjumlahan() untuk menghitung rumus.
      22Memanggil objek cetakdan memanggil fungsi rincian() untuk menampilkan teks
      23Tutup Kurung kurawa main
      24Tutup Kurung kurawa File fungsi
       
      Catatan : Dalam penulisan objek dan memanggil fungsi harus terurut, jika tidak maka program tidak dapat berjalan sesusai dengan keinginan !
    • Program Penjumlahan dengan Fungsi menggunakan Inputan Scanner.
    package tambah;
    import Println.*;
    import java.util.Scanner;
    public class scanner {
        public int angka1,angka2,hasil;
        public void setNilai(){
            Scanner input = new Scanner(System.in);
            System.out.println("Angka 1 = ...?");
            angka1=input.nextInt();
            System.out.println("Angka 2 = ...?");
            angka2=input.nextInt();
        }
        public int getHasilPenjumlahan(){
            hasil=angka1+angka2;
            return hasil;
        }
        public void rincian(){
            System.out.println("Nilai Angka 1 =\t"+angka1);
            System.out.println("Nilai Angka 2 =\t"+angka2);
            System.out.println("Hasil Penjumlahan "+angka1 +" + "+angka2+" = "+hasil);
        }
        public static void main(String[] args) {
            scanner coba = new scanner();
            coba.setNilai();
            coba.getHasilPenjumlahan();
            coba.rincian();
        }
    }
    Screenshoot koding diatas :


    Output :
    1. Muncul Teks seperti :
    2. Isi nilai seperti gambar dibawah ini :
    3. Kemudian muncul Teks lagi seperti gambar di bawah ini :
    4. Isi nilai seperti gambar di bawah ini :
    5. Selanjutnya akan tampil teks dan hasil seperti gambar di bawah ini :
       
    Penjelasan :

    Nomor/BarisPenjelasan
    1Tempat File ini tersimpan/package
    2Memanggil Library Println, tanpa ditulis pun program dapat berjalan
    3Memanggil Library Scanner
    4Nama file class berupa scanner
    5Properti/mendeklarasikan variabel angka1, angka2 dan hasil
    6Membuat Fungsi yang bernama setNilai()
    7Membuat objek Scanner dengan nama input
    8Menampilkan Teks
    9Menyimpan inputan dari user ke variabel angka1
    10Menampilkan Teks
    11Menyimpan inputan dari user ke variabel angka2
    12Tutup Kurung Kurawa Fungsi setNilai()
    13Fungsi yang bernama getHasilPenjumlahan()
    14Rumus Penjumlahan
    15Menyimpan nilai pada variabel hasil
    16Tutup Kurung Kurawa Fungsi getHasilPenjumlahan()
    17Membuat Fungsi rincian()
    18-20Menampilkan Teks dan isi nilai dari variabel
    21Tutup Kurung Kurawa Fungsi rincian()
    22Main/file main yang akan mengeksekusi program
    23Membuat objek scanner (harus sama dengan nama class) dengan nama coba
    24Memanggil objek coba dan memanggil fungsi setNilai()
    21Memanggil objek cobadan memanggil fungsi getHasilPenjumlahan() untuk menghitung rumus.
    22Memanggil objek cobadan memanggil fungsi rincian() untuk menampilkan teks
    23Tutup Kurung kurawa main
    24Tutup Kurung kurawa file scanner

    Catatan : Dalam penulisan objek dan memanggil fungsi harus terurut, jika tidak maka program tidak dapat berjalan sesusai dengan keinginan !
      • Program Penjumlahan dengan Fungsi menggunakan Inputan JOptionPane.
      package tambah;
      import Println.*;
      import javax.swing.JOptionPane;
      public class jOptionpane {
          public int angka1,angka2,hasil;
          public void inputNilai(){
              angka1=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Nilai Angka 1 ?"));
              angka2=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Nilai Angka 2 ?"));
          }
          public int RumusPenjumlahan(){
              hasil=angka1+angka2;
              return hasil;
          }
          public void rincianHasil(){
              JOptionPane.showMessageDialog(null,"Program Sukses !\n\n Hasil Penjumlahan "+angka1 +" + "+angka2+" = "+hasil);
          }
          public static void main(String[] args) {
              jOptionpane coba = new jOptionpane();
              coba.inputNilai();
              coba.RumusPenjumlahan();
              coba.rincianHasil();
          }
      }
       Screenshoot koding diatas :


      Output :
      1.  Akan muncul box dialog :
      2. Isi nilai seperti gambar di bawah ini :
      3. Kemudian muncul lagi box dialog :
      4. Isi nilai lagi seperti gambar di bawah ini :
      5. Selanjutnya hasil akan ditampilkan pada messagebox seperti gambar di bawah ini :
      Penjelasan :

      Nomor/BarisPenjelasan
      1Tempat File ini tersimpan/package
      2Memanggil Library Println, tanpa ditulis pun program dapat berjalan
      3Memanggil Library JOptionPane
      4Nama file class berupa jOptionpane
      5Properti/mendeklarasikan variabel angka1, angka2 dan hasil
      6Membuat Fungsi yang bernama setNilai()
      7Membuat inputan JOptionPane dan disimpan pada variabel angka1
      8Membuat inputan JOptionPane dan disimpan pada variabel angka2
      9Tutup Kurung Kurawa Fungsi setNilai()
      10Membuat Fungsi yang bernama RumusPenjumlahan()
      11Rumus Penjumlahan
      12Menyimpan nilai pada variabel hasil
      13Tutup Kurung Kurawa Fungsi RumusPenjumlahan()
      14Membuat Fungsi rincianHasil()
      15Menampilkan Teks dan isi nilai dari variabel pada messagebox
      16Tutup Kurung Kurawa Fungsi rincianHasil()
      17Main/file main yang akan mengeksekusi program
      18Membuat objek jOptionpane (harus sama dengan nama class) dengan nama coba
      24Memanggil objek coba dan memanggil fungsi setNilai() untuk melakukan inputan ke user
      21Memanggil objek cobadan memanggil fungsi RumusPenjumlahan() untuk menghitung rumus
      22Memanggil objek cobadan memanggil fungsi rincianHasil() untuk menampilkan messagebox
      23Tutup Kurung kurawa main
      24Tutup Kurung kurawa file scanner


      Catatan : Dalam penulisan objek dan memanggil fungsi harus terurut, jika tidak maka program tidak dapat berjalan sesusai dengan keinginan !

      Demikianlah Program Penjumlahan dengan Fungsi, Program Penjumlahan dengan Fungsi menggunakan Inputan Scanner dan  Program Penjumlahan dengan Fungsi menggunakan Inputan JOptionPane. Semoga dapat dipelajari dengan mudah. Pada pembahasan berikutnya akan saya tampilkan Program Pengurangan dengan Fungsi, Program Perkalian dengan Fungsi dan Program Pembagian dengan Fungsi.

      Adapaun Contoh Program Penjumlahan Netbeans bisa pembaca lihat.

      Referensi :
      Tutor-id.com. "Class dan objek pada java". http://tutor-id.com. Web. 30 Juni 2016.
      Wizard, Mr. Dark. "Pengertian Methode, Class, dan Objek". http://darkzone7.blogspot.co.id. Okt 2013. Web. 30 Juni 2016.

      0 komentar: