Minggu, 12 April 2015

Input GUI | JOptionPane


Inputan java banyak jenis macamnya, tapi kali ini saya akan membahas contoh inputan GUI. GUI kepanjangannya yaitu Graphical User Interface.Saat pertama mengetahui ini, sepertinya lebih bersemangat dan suka rasanya menggunakan GUI.  Simak lebih lanjut tulisan dibawah ini.
 GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.

Kita langsung saja mencobanya :
Perhatikan contoh koding di bawah ini :
import javax.swing.JOptionPane;           // memanggil library JOptonPane
public class inputan {
    public static void main (String [] args){
      
        // mendeklarasikan atau inisialisasi variabel
        String nama,alamat;
        int umur;
      
        // penyimpanan isi variabel dari inputan user
        nama=JOptionPane.showInputDialog(null,"Ketikkan Nama Anda");  
        alamat=JOptionPane.showInputDialog(null,"Ketikkan Alamat Anda");
        umur=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog(null,"Ketikkan Umur Anda"));
      
        // menampilkan isi inputan pada output
        JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama Anda : "+nama+
                "\nAlamat Anda di "+alamat+"\nUmur Anda "+umur);
    }
}

Output :
1. Akan muncul kotak dialog :


2. Isi dialog sesuai jenis variabel (lihat tipe data pada deklarasi/inisialisasi variabel).
Contoh saya tulis :

 3. Kemudian akan muncul kotak dialog lagi :
4. Isi dialog sesuai jenis variabel (lihat tipe data pada deklarasi/inisialisasi variabel).
Contoh saya tulis :





5. Selanjutnya muncul kotak dialog lagi :



6. Isi dialog sesuai jenis variabel (lihat tipe data pada deklarasi/inisialisasi variabel).

Contoh saya tulis :




7. Kemudian akan muncul kotak dialog lagi :


8. Selesai atau end.

PENJELASAN :
1. Untuk menggunakan JOptionPane, maka panggillah librarynya dengan mengetikkan
import javax.swing.JOptionPane;
diatas public class (lihat contoh koding diatas).
 2.Deklarasikan variabel sesuai input dan output yang akan kita inginkan.
 3. Penyimpanan inputan user sebagai isi dari variabel (lihat koding diatas). Perhatikan cara penulisannya (JOptionPane.showInputDialog). Ada perbedaan dalam penulisan sesuai dengan tipe datanya, contohnya yaitu :
 Bertipe String :                 nama=JOptionPane.showInputDialog(null,"Ketikkan Nama Anda");  
                                                   alamat=JOptionPane.showInputDialog(null,"Ketikkan Alamat Anda");

Keterangan : 
inputan dari kotak dialog "Ketikkan Nama Anda", inputan dari user akan disimpan dalam variabel nama.
inputan dari kotak dialog "Ketikkan AlamatAnda", inputan dari user akan disimpan dalam variabel alamat.



Bertipe integer :                    umur=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog(null,"Ketikkan Umur Anda"));

Keterangan : 
inputan dari kotak dialog "Ketikkan Umur Anda", inputan dari user akan disimpan dalam variabel umur. 


4. Untuk hasil output, gunakan : 
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama Anda : "+nama+
                "\nAlamat Anda di "+alamat+"\nUmur Anda "+umur);
 JOptionPane.showMessageDialog berfungsi menampilkan dari inputan user (JOptionPane.showInputDialog). Agar rapi gunakan \n untuk berpindah 1 baris.


Cukup sekian penjelasannya, semoga bermanfaat ...

Referensi :
Setiawan, Nanda."Pengertian dan definisi GUI".nanda-sk.blogspot.com. 14 April 2013. Web. 12 Maret 2015

0 komentar: