Rabu, 20 Mei 2015

Menghitung Lingkaran

Hasil Akhir Lingkaran
 Salam sehat selalu ... Perjumpaan kita kali ini, saya akan membahas tentang menghitung lingkaran. Sebelumnya sudah saya sampaikan materi contoh hitung luas/keliling, contoh program perkalian dan pembagian bilangan bulat. Harapan saya, Anda dapat lebih mudah untuk melanjutkan pemahaman materi tentang perhitungan dalam Java.



Misalkan ada gambar seperti dibawah ini (abaikan gambar arsir):
a = diameter.Rumus untuk mencari Luas :

Rumus untuk mencari diameter :

Rumus untuk mencari Keliling :

Lalu bagaimana cara menghitung Luas maupun Keliling Lingkaran diatas menggunakan Java yaitu dengan cara dibawah ini :
public class Lingkaran1 {
    public static void main (String [] args){
       
        // deklarasi variabel
        double phi=22/7;    // konstanta phi
        double r=7;           // inisialisi nilai jari-jari
        double Luas;        // variabel luas
        double Keliling;    // variabel keliling
        double d;           // variabel diameter
       
        // rumus diameter
        d=2*r;
       
        // rumus Luas
        Luas = phi*r*r;
       
        // rumus Keliling;
        Keliling= 2 * phi * r;
       
        // menampilkan hasil
        System.out.println("Diameter Lingkaran : "+d);
        System.out.println("Luas Lingkaran : "+Luas);
        System.out.println("Keliling Lingkaran : "+Keliling);
    }
}

Berikut saya tampilkan hasil screenshot kodingnya :



Output :

Penjelasan :
1. Deklarasikan variabel.
2. Inisialisasikan nilai phi.
3. Membuat rumus diameter, luas dan keliling.
4. Menampilkan hasil.

Sekarang kita menggunakan inputan :
import java.util.Scanner;
public class Lingkaran2 {
    public static void main (String [] args){
       
        // memanggil fungsi dan variabel Scanner
        Scanner input = new Scanner(System.in);
       
        // deklarasi variabel
        double phi=22/7;        // konstanta phi
        double Luas,Keliling, diameter;  
               
        // inputan jari-jari dari user
        System.out.print("Inputkan jari-jari : ");
        double r= input.nextDouble();   // menyimpan inputan jari-jari ke variabel r
       
        // rumus-rumus
        diameter=2*r;           // rumus diameter
        Luas = phi*r*r;         // rumus Luas
        Keliling= 2 * phi * r;  // rumus Keliling;
       
        // menampilkan hasil
        System.out.println("Diameter Lingkaran : "+diameter);
        System.out.println("Luas Lingkaran : "+Luas);
        System.out.println("Keliling Lingkaran : "+Keliling);
    }
}
Berikut saya tampilkan hasil screenshot kodingnya :


Output :
Penjelasan :
1. Memanggil library Scanner.
2. Membuat nama variabel Scanner.
3. Mendeklarasi variabel.
4. Membuat inputan dari user.
5. Menyimpan inputan dari user ke dalam suatu varibel.
6. Membuat rumus luas, diameter dan luas.
7. Tampilkan sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya kita akan menggunakan GUI.
import javax.swing.JOptionPane;
public class Lingkaran3 {
    public static void main (String [] args){
       
        // deklarasi variabel
        double phi=22/7;        // konstanta phi
        double Luas,Keliling, diameter;  
               
        // inputan jari-jari dari user dan menyimpannya dalam variabel r
        double r= Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog(null,"Inputkan Jari-jari ?"));  
       
        // rumus-rumus
        diameter=2*r;           // rumus diameter
        Luas = phi*r*r;         // rumus Luas
        Keliling= 2 * phi * r;  // rumus Keliling;
       
        // menampilkan hasil
        JOptionPane.showMessageDialog(null,"Diameter Lingkaran : "+diameter+
       "\nLuas Lingkaran : "+Luas+"\nKeliling Lingkaran : "+Keliling);
    }
}
Berikut saya tampilkan hasil screenshot kodingnya :

Output :
 1. Akan muncul kotak dialog :


2. Isikan nilai jari-jari seperti gambar dibawah ini :


3. Kemudian akan tampil hasil :


Penjelasan :
1. Panggil library JOptionPane.
2. Deklarasi variabel.
3. Menyimpan inputan dari user.
4. Membuat rumus luas, keliling dan diameter.
5. Tampilkan sesuai dengan keinginan.

Referensi :
Uddin, Anwar. "Rumus menghitung Luas, Keliling dan Diameter Lingkaran". http://mahdiar-blog.blogspot.com. Nop 2013.Web. 20 Mei 2015.

0 komentar: