Sabtu, 11 April 2015

Menulis Coding yang Rapi

Sebagai pemula, biasanya menulis coding asal-asalan termasuk saya. Yang terpenting adalah intinya program bisa berjalan. Tapi apakah Anda tahu bahwa penulisan coding juga butuh kerapian. Nah kali ini akan kita bahasa bagaiman cara menulis coding yang rapi.
Yang perlu diingat ketika Anda menemukan kurung kurawa, milik siapakah dia?. Apakah milik sintaknya for, if, atau bahkan kelas, objek maupun fungsi. Baiklah perhatikan contoh coding berikut :

public class coba {                                                                    //1. kurung kurawa kelas
    public static void main (String [] args){                              // 2. kurung kurawa main
        int i=0;                                                                             // 3.inisialisasi variabel
        if (i==0){                                                                         // 4. kondisi pertama
            System.out.print(i+"\tyaitu Biner bernilai False");     // 5. Output pertama
        }else if(i==1){                                                                 // 6. kondis kedua
            System.out.print(i+"\tyaitu Biner bernilai True");       // 7. Output. kedua
        }else{                                                                                // 8. kondisi ketiga
            System.out.print(i+"\tyaitu Biner bernilai True");        // 9. Output ketiga
        }                                                                                         // 10. kurung kurawa penutup if
    }                                                                                             //11.  kurung kurawa penutup main
}                                                                                                // 12. kurung kurawa penutup kelas

Penjelasan Tulisan Kerapian Koding ( Bukan hasil output program ) :

1. Kurung Kurawa kelas yang bernama coba.
Anda harus teliti dan ingat-ingat letak tulisan awal ada diposisi mana, karena letak tulisan kelas coba menentukan letak kurung kurawa penutunya yaitu lihat pada nomor 12. Perhatikan mereka sejajar walaupun poisisi letak kurung kurawa penutup jauh dibawah. Bayangkan jika coding Anda ratusan bahkan ribuan. Oleh karena itu Anda minimal harus tahu dan ingat agar tidak kebingungan saat program eror.

2. Kurung Kurawa main.
Tiap kali membuat fungsi/public void static atau sejenisnya, coding harus masuk 1 tab. Perhatikan letak posisi codingnya, ia masuk sedikit ke dalam. Ini juga mempengaruhi letak kurung kurawa penutupnya, lihat pada no 11.

3. Inisialisasi Variabel.
Tiap kali mendeklarasikan/menginisialisasi suatu variable, maka masuk sedikit ke dalam sedalam 1 tab (sama dengan contoh pada main). Jadi intinya, jika Anda menulis dalam sebuah fungsi, maka isi tulisan tersebut haruslah masuk ke dalam sedalam 1 tab.

4. Kondisi Pertama.
Ini mengikuti letak dimana inisialisasi varibel ditulis. Hal ini yang menentukan letak poisisi dimana kurung kurawa penutup kondisi pertama ditulis. Perhatikan no 6. Di situ terdapat kurung kurawa penutup sekaligus kondisi kedua.

5. Output Pertama.
Nah yang sering ketika menulis isi output, kita harus menulisnya masuk ke dalam sedalam 1 tab. Dimana akan ditutup kurung kurawa setelahnya pada kondisi kedua. Lihat kondisi kedua/no 6.

6. Kondisi kedua-Output kedua dan Kondisi ketiga-Output ketiga.
Sesuaikanlah sama persis pada kondisi dan output pertama.

7. Tutup Kurung Kurawa if.
Perhatikan no 10. Dia merupakan tanda penutup kurung kurawa if,sehingga letak posisinya harus sejajar dengan kondisi if ditulis. Perhatikan antara no 10 dan 4.

8. Penutup Kurung Kurawa main dan kelas.
Sesuaikan letak tutup kurung kurawa dimana letak posisi main dan kelas Anda tulis.
Perhatikan  no 2 dan 11.
Perhatikan no 1 dan 12.

Untuk bisa bagaimana cara dapat menulis koding dengan cepat, Anda dapat membaca materi cara cepat menulis koding yang sudah saya sampaikan. Bacalah, saya yakin Anda nanti akan dapat dengan mudah dan cepat dalam menulis koding. Selain itu untuk mendukung kemampuan mengkoding, pelajarilah mengetik 12 jari yang sudah saya sampaikan.

Demikianlah cara menulis coding yang rapi, semoga bermanfaat ...

0 komentar: