Hasil Akhir Lingkaran |
Misalkan ada gambar seperti dibawah ini (abaikan gambar arsir):
a = diameter.Rumus untuk mencari Luas :
Rumus untuk mencari diameter :
Rumus untuk mencari Keliling :
Lalu bagaimana cara menghitung Luas maupun Keliling Lingkaran diatas menggunakan Java yaitu dengan cara dibawah ini :
public class Lingkaran1 {
public static void main (String [] args){
// deklarasi variabel
double phi=22/7; // konstanta phi
double r=7; // inisialisi nilai jari-jari
double Luas; // variabel luas
double Keliling; // variabel keliling
double d; // variabel diameter
// rumus diameter
d=2*r;
// rumus Luas
Luas = phi*r*r;
// rumus Keliling;
Keliling= 2 * phi * r;
// menampilkan hasil
System.out.println("Diameter Lingkaran : "+d);
System.out.println("Luas Lingkaran : "+Luas);
System.out.println("Keliling Lingkaran : "+Keliling);
}
}
Berikut saya tampilkan hasil screenshot kodingnya :
Output :
Penjelasan :
1. Deklarasikan variabel.
2. Inisialisasikan nilai phi.
3. Membuat rumus diameter, luas dan keliling.
4. Menampilkan hasil.
Sekarang kita menggunakan inputan :
import java.util.Scanner;Berikut saya tampilkan hasil screenshot kodingnya :
public class Lingkaran2 {
public static void main (String [] args){
// memanggil fungsi dan variabel Scanner
Scanner input = new Scanner(System.in);
// deklarasi variabel
double phi=22/7; // konstanta phi
double Luas,Keliling, diameter;
// inputan jari-jari dari user
System.out.print("Inputkan jari-jari : ");
double r= input.nextDouble(); // menyimpan inputan jari-jari ke variabel r
// rumus-rumus
diameter=2*r; // rumus diameter
Luas = phi*r*r; // rumus Luas
Keliling= 2 * phi * r; // rumus Keliling;
// menampilkan hasil
System.out.println("Diameter Lingkaran : "+diameter);
System.out.println("Luas Lingkaran : "+Luas);
System.out.println("Keliling Lingkaran : "+Keliling);
}
}
Output :
Penjelasan :
1. Memanggil library Scanner.
2. Membuat nama variabel Scanner.
3. Mendeklarasi variabel.
4. Membuat inputan dari user.
5. Menyimpan inputan dari user ke dalam suatu varibel.
6. Membuat rumus luas, diameter dan luas.
7. Tampilkan sesuai dengan keinginan.
Selanjutnya kita akan menggunakan GUI.
import javax.swing.JOptionPane;
public class Lingkaran3 {
public static void main (String [] args){
// deklarasi variabel
double phi=22/7; // konstanta phi
double Luas,Keliling, diameter;
// inputan jari-jari dari user dan menyimpannya dalam variabel r
double r= Double.parseDouble(JOptionPane.showInputDialog(null,"Inputkan Jari-jari ?"));
// rumus-rumus
diameter=2*r; // rumus diameter
Luas = phi*r*r; // rumus Luas
Keliling= 2 * phi * r; // rumus Keliling;
// menampilkan hasil
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Diameter Lingkaran : "+diameter+
"\nLuas Lingkaran : "+Luas+"\nKeliling Lingkaran : "+Keliling);
}
}
Berikut saya tampilkan hasil screenshot kodingnya :
Output :
1. Akan muncul kotak dialog :
2. Isikan nilai jari-jari seperti gambar dibawah ini :
3. Kemudian akan tampil hasil :
Penjelasan :
1. Panggil library JOptionPane.
2. Deklarasi variabel.
3. Menyimpan inputan dari user.
4. Membuat rumus luas, keliling dan diameter.
5. Tampilkan sesuai dengan keinginan.
Referensi :
Uddin, Anwar. "Rumus menghitung Luas, Keliling dan Diameter Lingkaran". http://mahdiar-blog.blogspot.com. Nop 2013.Web. 20 Mei 2015.
0 komentar:
Posting Komentar